20/01/2018

Mendeley, Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis

Penulisan daftar pustaka (reference) wajib hukumnya dalam suatu karya ilmiah
baik skripsi, thesis, disertasi, jurnal maupun buku. Hal ini dilakukan untuk menghindari plagiarisme. Beberapa tahun belakangan isu plagiasi menjadi topik perbincangan karena tidak sedikit para akademisi yang dicabut gelarnya karena kasus ini. Bahkan ada oknum rektor yang dicabut jabatan dan gelarnya akibat kasus plagiasi. Karenanya penting untuk tidak meninggalkan referensi yang diacu dengan mencantumkannya di bagian daftar pustaka atau pada bagian sitasi.

Dalam penulisan daftar pustaka sebisa mungkin dibuat secara lengkap, juga memiliki pola sesuai dengan yang digunakan secara kompak. Seragam dari atas ke bawah, ataupun semuanya memiliki pola yang sama sesuai dengan tata tulis yang menjadi acuan (baca: buku panduan). Paling penting juga referensi (buku, jurnal, artikel) yang ditampilkan sesuai dengan isi kutipan yang menjadi acuan atau referensi dalam tulisan ilmiah terkait dengan penelitian yang telah ada sebelumnya.
software mendeley/mendeley.com
Sampai saat ini sebagian dari kalangan akademisi masih menggunakan cara tradisional alias manual dalam membuat daftar pustaka. Cara yang digunakan biasanya dengan menuliskan satu persatu diakhir proses penulisan. Dengan cara ini akibatnya kadang ada ketidakkonsistenan tipe. Semisal ada yang tidak tercantum di daftar pustaka tetapi di tulisan diacu ataupun sebaliknya. Hal itu juga akan membuat repot jika ada pergantian pola atau tipe daftar pustaka yang harus disusun karena harus merubah satu-persatu, apalagi dalam penulisan artikel jurnal ilmiah setiap jurnal mempunyai gaya dengan aturan sendiri-sendiri.

Dengan menggunakan cara-cara tradisional alias manual tersebut tentunya akan memberikan beberapa kelemahan. Seperti yang telah dijelaskan diatas, dari segi waktu, efektitas, ketepatan dalam mencantumkan referensi dll. Belum lagi ancaman plagiasi akan sangat mungkin terbuka lebar kalau-kalau dalam penulisan daftar pustaka ada beberapa referensi tidak dicantumkan.

Untuk mengatasi beberapa kelemahan diatas sekarang sudah ada aplikasi untuk membuat daftar pustaka. Saat ini telah tersedia berbagai aplikasi untuk memudahkan dalam menuliskan daftar pustaka secara otomatis, baik yang berbayar misalnya EndNote maupun yang gratis misalnya Mendeley, Zotero dll

Mendeley
Aplikasi Mendeley merupakan aplikasi tidak berbayar alias gratis. Mendeley menyediakan ruang maya secara cuma-cuma sebesar 2GB. Kapasitas ruang maya ini dapat ditambah sesuai dengan keinginan dengan syarat membayar dengan biaya tertentu. Aplikasi Mendeley dapat digunakan dalam mengerjakan tulisan dimanapun baik dalam keadaan online ataupun offline.

Aplikasi ini tersedia dalam dua basis yaitu Web dan Desktop serta sudah mendukung Windows maupun Macintosh. Seperti aplikasi lainnya, Mendeley juga mendukung plugin yang bisa berkolaborasi dengan Microsoft Office sehingga akan mempermudah pembuatan daftar referensi ketika selesai menulis tulisan ilmiah, tinggal satu kali klik semua referensi telah tersusun sesuai dengan keinginan kita.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
·         Buka situs www.mendeley.com setelah itu silahkan register dan kemudian Sign Up, atau klik disini.
·         Unduh aplikasi Mendeley pada situs tersebut dan instal di laptop atau PC.
·         Cek email yang didaftarkan dan lakukan verifikasi pendaftaran/registrasi melalui pesan yang dikirim ke email.
·         Mendeley sudah siap digunakan.
·         Untuk menjalankan aplikasi dilakukan dengan cara membuat library dengan cara mengunduh artikel, jurnal dari beberapa sumber seperti sciencedirect, springerlink, ebsco atau sumber yang lainnya.
·         Lakukan validasi metadata, artikel/jurnal yang sudah didapat perlu divalidasi untuk memastikan sumber yang didapatkan benar sesuai dengan penulis. Cara validasi adalah dengan melakukan klik Details are correct.
·         Untuk mengoneksikan Mendeley dengan Microsoft Word maka perlu dilakukan instalasi plugin Mendeley dengan cara klik menu Tools pada aplikasi Mendeley, pilih Install MS Word Plugin.
·         Langkah selanjutnya adalah membuat kutipan di tulisan pada Microsft Office Word, langkah yang dilakukan adalah dengan cara klik menu References pada Microsoft Office Word, pilih Insert Citation.
·         Pilih jurnal atau artikel yang akan dikutip dengan meng-klik artikel tersebut (cari di library).
·         Setelah selesai tinggal membuat daftar pustaka pada akhir penulisan dengan cara klik menu References, pilih Insert Bibliography maka secara otomatis akan terbuat Daftar Pustaka.
·         Jika ingin merubah style Bibliography ke style yang lain misalnya Harvard (misalnya Rusdi et al., 2018) ke Vancouver(yang memakai angka [2]), langkah yang dilakukan dengan cara klik References, pilih style dan sesuaikan dengan gaya yang dikehendaki. Secara otomatis akan berganti style Daftar Pustaka.
·         Hasil dari daftar pustaka akan tersusun dengan rapi dan lengkap apabila semua  referensi yang dikutip dari awal sampai akhir ditulis secara lengkap dan teratur.
·         Untuk referensi yang tidak ada diinternet dapt dimasukkan secara manual dengan program ini juga sehingga tetap bisa tertulis di daftar pustaka.

Jika koneksi internet bagus dan referensi yang disitasi adalah jurnal online, maka secara otomatis referensi yang ditulis akan terhubungkan langsung dengan jurnal yang dimaksud untuk memudahkan penelusuran oleh pembaca. Aplikasi Mendeley mungkin salah satu cara alternatif untuk meningkatkan mutu tulisan terutama menghindari terjadinya plagiasi karena pembaca akan dengan mudah mengetahuinya. (MR)


EmoticonEmoticon