09/12/2017

Buku Kimia Katalis

Judul Buku: Kimia Katalis
Penulis: Triyono
Penerbit: Jurusan Kimia, FMIPA UGM
Tempat Terbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2002
Tebal Buku: 109 Halaman

Dalam 10 tahun terakhir keberadaan kimia katalis mulai mendapat perhatian para kalangan peneliti. Katalis tergolong material yang banyak digunakan industri di Indonesia. Banyak industri di Indonesia menggunakan katalis yang beragam dan masing-masing dalam volume yang sangat besar. Sayangnya, untuk memenuhi kebutuhan katalis, selama ini industri di Indonesia masih tergantung dari produksi luar negeri.

Diperlukan upaya untuk sedikit demi sedikit dapat mensintesis dan menghasilkan katalis. Upaya ini dimaksudkan memenuhi kebutuhan katalis dari produksi dalam negeri. Meski tak dapat dipungkiri beberapa tahun mendatang industri masih menggunakan katalis impor, namun sebagai tahapan awal diperlukan usaha untuk mempelajari ilmu katalis yang meliputi bahan, sifat dan kinerja katalis yang beragam untuk proses yang beragam pula.

Buku ini disusun berdasarkan pengalaman penulis selama mengajar mata kuliah Kinetika Kimia dan  Kimia Katalis di Jurusan Kimia pada Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada, serta mata kuliah  Katalisis pada Program Studi Kimia program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. Di samping itu juga berdasarkan pengalaman yang diperoleh penulis selama bekerja bersama para pakar dan para pengguna katalis.
cover buku/molaritas.com
Buku ini dihadirkan sehubungan dengan besarnya minat para peneliti dan para pengguna katalis untuk mempelajari katalis dan karena terbatasnya literatur. Seiring kenyataan bahwa selama ini untuk memenuhi kebutuhan katalis masih tergantung dari produksi luar negeri. Juga didorong oleh kesadaran tentang pentingnya pengetahuan tentang katalis dalam perkuliahan katalisis dan kimia katalis.

Buku ini secara umum terdiri dari empat bagian atau 4 bab. Pada Bab 1, berisikan pembahasan dimulai dengan pendahuluan yang  berisikan teori laju reaksi sebagai objek yang akan berubah dengan keberadaan katalis dalam suatu reaksi. Bab 2, membahas reaksi katalitik yang secara umum membahas pengaruh katalis terhadap laju reaksi, tingkat reaksi dan tenaga pengaktipan. Bab 3, membahas katalis homogen, dan sedangkan pada bab terakhir (Bab 4) membahas katalis heterogen, termasuk di dalamnya katalis transfer fasa dan katalis hibrida. Karena berbagai pertimbangan maka pembahasan tentang katalis heterogen dibuat lebih panjang dibanding katalis homogen. Sesuai dengan kondisi yang ada bahwa katalis baru dalam tahap pengenalan maka di dalam buku ini pembahasan masih sangat global, belum spesifik.

Buku ini tidak hanya diperuntukkan bagi para mahasiswa, dosen, dan peneliti, namun juga dapat digunakan oleh siapa saja yang juga bekerja dengan katalis dan tertarik mempelajari katalis. Tingkat kedalaman pembahasan di dalam buku ini disesuaikan dengan pembaca yang sebelumnya telah mempunyai pengetahuan dasar tentang kinetika dan termodinamika kimia. Menurut pengalaman penulis selama mengampu mata kuliah, buku katalis belum pernah ditulis dan diterbitkan oleh pakar katalis di Indonesia sehingga buku ini juga dapat digunakan sebagai bahan acuan  dan bekal pada mahasiswa di dalam menempuh perkuliahan. (MR)

Biodata Penulis:
Nama: Prof. Dr. Triyono, SU
Tempat & Tgl. lahir:  Klaten, 21 September 1960
Jabatan: Guru Besar
Alamat Kantor: Jurusan Kimia FMIPA UGM, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Alamat Rumah: Jl. Belimbing 10,  Jambusari Indah, Sleman, DIY
E-mail: triyn102@ugm.ac.id

1 komentar so far

Apakah buku ini dijual bebas di toko-toko buku ?


EmoticonEmoticon