26/12/2017

Buku Teknik Laboratorium Kimia

Judul : Teknik Laboratorium Kimia
Penulis: Khamidinal, M.Si
Penerbit: Pustaka Pelajar
Cetakan: Juni 2009
Tebal: 147 halaman         
ISBN: 978-602-8479-18-9

Ketika memasuki dunia perkuliahan di perguruan tinggi jurusan sains-kimia misalnya-para mahasiswa umumnya akan menjalani praktikum.  Kegiatan di laboratorium berguna untuk menunjang perkuliahan teori di kelas. Dengan bahasa lain kegiatan di laboratorium Kimia merupakan ruh  dari pembelajaran ilmu Kimia. Banyak hal yang dilakukan di Laboratorium Kimia, sebut saja mulai praktikum, percobaan sederhana, hingga penelitian kimia.

Tak hanya jurusan kimia, para mahasiswa tahun pertama dari berbagai  program studi serumpun dengan kimia seperti jurusan biologi, fisika, teknik kimia, pertanian, peternakan, analisis kimia, kedokteran, farmasi dan lain-lain selalu menggunakan laboratorium kimia sebagai pembelajaran ilmu-limu dasar.
cover buku/molaritas.com
Ironisnya, para mahasiswa baru umumnya masih gagap dengan peralatan yang ada di laboratorium. Terlebih mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda, dengan kemampuan yang juga berbeda. Ada yang berasal dari sekolah menengah kejuruan sains (Misal SMK SMTI),  sebagian dari mahasiswa berasal dari sekolah tingkat menengah tingkat atas yang telah memiliki peralatan laboratoriumnya yang belum lengkap atau bahkan tidak memiliki laboratorium sama sekali.

Padahal satu hal yang sangat penting bagi mahasiswa yang akan masuk ke laboratorium adalah pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium. Hal ini merupakan keharusan sebagai bekal ketika melakukan kerja di laboratorium. Maka dari itu penting memiliki pengetahuan dan keterampilan menyangkut penggunaan alat dan bahan di laboratorium.

Buku berjudul Teknik Laboratorium Kimia ini berisikan berbagai penjelasan mengenai jenis-jenis peralatan yang ada di laboratorium kimia. Selain itu Khamidinal selaku penulis buku juga memberikan penjelasan yang gamblang dan menyeluruh akan fungsi dan kegunaan berbagai peralatan tersebut. Kelebihan buku ini terletak pada penjelasan yang disertai dengan gambar yang mudah diikuti dan dimengerti. Dengan menyimak gambar demi gambar maka para mahasiswa akan dibawa seolah-olah sedang mempraktekkan apa yang nantinya akan dilakukan di laboratorium kimia.

Sebelum memulai praktikum para mahasiswa harus sudah mengetahui berbagai jenis peralatan yang nantinya akan digunakan untuk praktikum. Menggunakan alat dengan baik dan benar merupakan suatu keterampilan yang dikuasai oleh mahasiswa. Laboratorium merupakan sarana untuk meningkatkan keterampilan penggunaan peralatan-peralatan laboratorium.

Buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa memahami dan menerapkan tatacara penggunaan berbagai jenis peralatan yang ada di laboratorium kimia. Buku ini dibagi menjadi 4 bab, dimana pada bab 1 berisi penjelasan mengenai keselamatan kerja di laboratorium. Berisi pembahasan yang meliputi pengenalan terhadap keadaan yang berbahaya dan pengenalan beberapa alat keselamatan kerja dan simbol-simbol keselamatan kerja. (hal. 5-19)

Bagi mahasiswa merupakan keharusan untuk mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium. Meski biasanya pengelola laboratorium memberikan penyuluhan dan penjelasan kepada mahasiswa. Penyuluhan dan pengenalan tersebut umumnya agar mahasiswa bersangkutan memperoleh izin untuk praktikum di laboratorium.

Pada bagian bab 2 menjelaskan pengenalan peralatan gelas laboratorium kimia. Bab ini berisi mengenai sifat peralatan gelas, serta jenis dan fungsi peralatan gelas yang ada di laboratorium kimia. Bab 3 menjelaskan pengenalan peralatan non gelas dan peralatan ukur. Terakhir bab 4, menjelaskan tatacara penggunaan peralatan.

Buku ini penting dimiliki para siswa, mahasiswa, peneliti yang memiliki kegiatan di laboratorium kimia. Adanya buku ini akan sangat membantu dalam memahami seluk beluk dalam laboratorium kimia. Serta dapat dijadikan sandar operasional (SOP) dalam menjalan alat yang ada di laboratorium. (MR)


EmoticonEmoticon