17/12/2017

Buku Kimia Untuk Mahasiswa Farmasi, Bahan Kimia Organik, Alam dan Umum

Judul: Kimia Untuk Mahasiswa  Farmasi, Bahan Kimia Organik, Alam dan Umum
Penulis: Satyajit D. Sarker dan Lutfun Nahar
Penerjemah: Abdul Rohman, M.Si., Apt
Penerbit: Pustaka Pelajar
Cetakan: Pertama, April 2009
Tebal: 542 halaman
ISBN: 978-602-8479-00-4

Profesi farmasi dan peranan farmasi dalam sistem kesehatan modern berkembang cukup cepat pada beberapa dekade ini. Ada pergeseran yang cukup signifikan pada profesi farmasi modern. Profesi farmasi dituntut tidak hanya bisa fokus pada produk obat saja (product oriented) tetapi juga harus bisa fokus ke pasien (patient Oriented). Kenyataan ini tentunya harus diselaraskan dengan kurikulum yang diajarkan pada mahasiswa S-1 Farmasi. Dengan penyelarasan diharapkan para mahasiswa mampu menghadapi dampak pergeseran tersebut. Di beberapa negara berkembang, perubahan-perubahan pada kurikulum telah dilakukan untuk merespon kebutuhan tersebut.

Respon terhadap perubahan kurikulum sayangnya tidak dibarengi dengan ketersediaan buku yang memadai untuk kalangan mahasiswa farmasi. Beberapa buku yang tersedia, diantaranya buku umum tentang kimia organik dan kimia bahan alam hanya sesuai untuk mahasiswa S-1 Ilmu Kimia, bukan untuk mahasiswa S-1 Farmasi. Lebih lanjut, secara umum dalam kebanyakan kurikulum farmasi modern, kimia organik dan kimia bahan alam (non-organik) hanya diajarkan pada semester pertama
dan semester kedua.
cover buku/molaritas.com
Buku berjudul “Kimia Untuk Mahasiswa  Farmasi, Bahan Kimia Organik, Alam dan Umum” ditulis oleh dua dosen di UK, Satyajit D. Sarker dan Lutfun Nahar dari pengalamannya selama mengajar mahasiswa Farmasi di sana. Selama perjalanan proses mengajar, kedua penulis ini selalu berusaha untuk menemukan suatu buku yang sesuai, yang menawarkan ilmu kimia organik dan kimia bahan alam pada mahasiswanya dan menekankan pada perubahan-perubahan terbaru dalam kurikulum ilmu farmasi di seluruh dunia.

Dengan segala pertimbangan disusunlah buku ini  dengan beberapa tujuan, diantaranya:  pertama, menyediakan dasar pengetahuan dan ulasan tentang topik-topik inti yang terkait dengan ilmu kimia secara umum, kimia organik, dan kimia bahan alam yang saat ini diajarkan pada mahasiswa strata-1 di Amerika, Inggris, dan negara berkembang lainnya, kedua, menghubungkan topik-topik ini dengan pemahaman molekul obat dan pengembangannya, serta ketiga untuk memenuhi kebutuhan perubahan-perubahan kurikulum ilmu farmasi.

Secara umum buku ini terdiri dari 6 bab dengan menekankan pada aspek-aspek teoritis berbagai topik dan penggunaan teori dalam hubungannya dengan molekul obat serta penemuan dan pengembangannya. Bab 1 memberikan ulasan beberapa aspek umum ilmu kimia serta pentingnya ilmu kimia dalam kehidupan modern, dengan perhatian khusus pada penggunaan medisnya disertai dengan diskusi singkat berbagai karakteristik fisika molekul-molekul obat seperti pH, polaritas dan kelarutan.

Sementara bab 2 berhubungan dengan dasar-dasar struktur dan ikatan atom, bab 3 mencakup berbagai aspek stereokimia. Bab 4 berhubungan dengan gugus-gugus fungsional organik dan berbagai aspek tentang senyawa kimia alifatik, aromatis dan heterosiklik, asam amino dan asam nukleat, serta pentingnya senyawa-senyawa ini dalam bidang farmasi. Reaksi-reaksi organik yang utama dicakup pada bab 5, serta berbagai jenis produk alami yang penting secara farmasetis didiskusikan pada bab 6.

Buku ini berupaya untuk menyatukan ketiga unsur (kimia umum, organik, dan bahan alam) ke dalam suatu buku teks yang mudah dimengerti dan bersahabat dengan mahasiswa dengan memusatkan pada dasar berbagai topik yang familiar di kalangan mahasiswa farmasi. Buku ini sangat berguna untuk mahasiswa farmasi, dan juga untuk mahasiswa bidang makanan, ilmu hayati, serta ilmu kesehatan untuk mengetahui dasar-dasar ilmu kimia untuk menunjang studinya. (MR)


EmoticonEmoticon