29/01/2017

Menyusun Laporan Praktikum Kimia

Perbedaan mencolok jurusan sains dan sosial adalah adanya matakuliah praktikum, termasuk jurusan kimia. Matakuliah praktikum bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk menerapkan ide-ide penelitian sains dalam bentuk praktek di laboratorium. Mahasiswa tidak hanya melakukan praktek (praktikum), setelahnya mahasiswa juga diwajibkan untuk menyusun laporan praktikum.

Menyusun laporan praktikum kimia, sebenarnya merupakan dasar yang sengaja diajarkan bagi mahasiswa jurusan kimia, ataupun siswa menengah atas jurusan kimia. Tujuan penulisan dimaksudkan agar mereka dapat berlatih menulis laporan penelitian, utamanya penelitaian akhir mahasiswa, seperti skripsi, tesis, dan disertasi. Jadi alangkah baiknya ketika membuat laporan praktikum harus dibiasakan menggunakan format yang lengkap dan formal, mulai dari latarbelakang masalah hingga penarikan kesimpulan.
praktikum di laboratorium/molaritas.com
Sayangnya, masih ada beberapa mahasiswa yang masih bingung dalam menyusun laporan praktikum, baik dari segi format laporan, ataupun hal-hal yang harus dijelaskan dan dibahas pada bagian format. Tak mengherankan apabila ketika membuat laporan hanya asal menyelesaikan saja. Laporan yang dihasilkan pada akhirnya tidak sesuai dengan praktikum.

Berikut ini penjelaasan format laporan praktikum Kimia Silahkan simak dan sesuaikan dengan tema praktikum Anda.
SISTEMATIKA LAPORAN RESMI
I.     Sampul/Cover
Judul dan Identitas (biasanya formal sudah tersedia dari jurusan)
II.    Isi Laporan
1.    Tujuan Percobaan
Tuliskan tujuan praktikum sesuai dengan percobaan yang dilakukan. Tujuan berisi konsep yang apa diuji atau yang ingin diketahui atau hasil yang diharapkan dalam praktikum
2.    Dasar Teori
Dasar teori berisi dasar teori singkat yang berisi penjelasan ringkas mengenai konsep yang relevan/berhubungan dengan tema praktikum. Dasar teori menguraikan teorim temuan, dan bahan referensi lain yang diperoleh dari acuan, yang dijadikan landasan untuk melakukan suatu praktikum. Dasar teori dibawa untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam praktikum yang mengacu pada Daftar Pustaka. Sumber pustaka yang digunakan diusahakan pustaka terbaru, relevan dan asli dari buku, artikel dan jurnal ilmiah.
3.    Alat
Tuliskan semua alat yang digunakan, tuliskan spesifikasinya (merk dan ukuran) jika ada.
4.    Bahan
Tuliskan semua bahan yang digunakan beserta spesifikasinya, jika larutan sebutkan konsentrasinya.
5.    Prosedur Kerja/Cara Kerja
Prosedur kerja berisi penjelasan langkag atau prosedur dalam percobaan yang dibuat secara rapid an jelas. Jika menggunakan kata kerja, gunakan bentuk kata kerja pasif.
6.    Data Pengamatan
Tuliskan data setiap langkah yang dilakukan sesuai dengan hasil percobaan. Data pengamatan dituliskan sesuai dengan urutan prosedur kerja yang telah dilakukan yang merupakan jawaban sementara dari tujuan percobaam. Penulisan data pengamatan yang baik akan memudahkan dalam pengamatan yang baik akan memudahkan dalam penyusunan analisis data, pembahasan dan kesimpulan. Data yang dicatat bisa berupa data numerik (angka) atau pengamatan terhadap suatu peristiwa. Untuk mempermudah biasanya dituangkan dalam bentuk tabel.
7.    Analisis data
Buat analisis data dengan perhitungan atau dengan suatu uji statistika sesuai dengan tujuan percobaan.
8.    Pembahasan
Pembahasan berisi tentang uraian hasil praktikum. Pembahasan ini umumnya bisa dipermudah dengan mensinkronkan antara hasil eksperimen dengan teori. Tidak masalah jika hasil praktek sesuai dengan teori. Yang jadi persoalan bila hasil praktikum tidak sesuai dengan teori. Kasus ini sering disebut dengan anomali praktikum. Untuk menghindari masalah ini rancanglah prosedur percobaan dengan baik dan cermat.

Pembahasan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Kalimat ditulis mengikuti kaidah kalimat yang baik, yang terdiri dari subyek, predikat, obyek dan keterangan. Pembahasan minimal menguraikan jawaban pada pertanyaan pada buku panduan. Gunakan berbagai sumber referensi sebagai pembanding.
9.    Kesimpulan
Kesimpulan berisi penegasan konsep hasil praktikum secara singkat, dan disesuaikan dengan tujuan praktikum dengan berlandaskan hasil eksperimen. Jika tujuan praktikum ada lima item misalnya, maka kesimpulan bisa ditarik berdasarkan setiap item tujuan praktikum. Kesimpulan berisi jawaban sesuai dengan tujuan percobaan yang ditulis dalam kalimat sederhana.
10. Daftar Pustaka
Berisi daftar literatur yang digunakan sebagai acuan dasar teori. Boleh mencantumkan sumber apa saja di sini, mulai buku, laporan ilmiah, jurnal, maupun artikel.
11. Pengesahan
Tempat dan tanggal otorisasi dari praktikan, asisten dan dosen pengampu.
III.   Lampiran
Laporan harus dilampiri laporan sementara yang telah disetujui oleh Dosen Pengampu atau Asisten Pembimbing dan lampiran pendukung lain jika diperlukan. (MR)


EmoticonEmoticon